SELAMAT DATANG DI WEBSITE DESA KARANGMALANG KECAMATAN KASREMAN KABUPATEN NGAWI PROVINSI JAWA TIMUR

Artikel

PKT Gerdal Hama Tikus Wujud Kolaborasi dalam Pengendalian Hama Tikus.

28 Mei 2024 11:49:25  Administrator  24 Kali Dibaca  Berita Desa

- Karangmalang.desa.id - Tikus masih menjadi hama yang menyerang lahan pertanian di wilayah Karangmalang hingga musim tanam saat ini, hama tikus menyerang tanaman padi milik warga Karangmalang secara tidak terkontrol. Banyak tanaman padi Rusak akibat hama tikus, menanggapi adanya kejadian tersebut pemerintah Desa Karangmalang bersama Gabungan Kelompok Tani dan Kelompok Tani bersama-sama malaksanakan kegiatan Gerdal Hama Tikus yang di pusatkan di wilayah pertanian Karangmalang III sebagai aksi menanggulangi masalah Hama tikus (28/5/2024). Dengan melibatkan lebih dari 20 anggota, kelompok tersebut telah memulai langkah-langkah konkrit untuk mengatasi ancaman tikus yang dapat merusak hasil pertanian.

  Metode yang digunakan dalam PKT Gerdal Hama tikus ini cukup inovatif. Mereka mengandalkan alat pembasmi tikus yang terbuat dari bahan dasar belerang dan gas LPG. Kombinasi antara belerang dan gas LPG telah terbukti efektif dalam mengusir tikus dari lahan pertanian dikarenakan langsung menyasar rongga-rongga yang di jadikan tempat tinggal tikus, selain menggunakan metode kombinasi ini petani yang di dampingi oleh Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) Kecamatan Kasreman juga menggunakan Racun Tikus dan juga Petasan Tikus. 

  Langkah-langkah ini merupakan bagian dari upaya yang dilakukan oleh pemerintah Desa, BPP dan juga Masyarakat setempat untuk meningkatkan produktivitas pertanian dan memastikan keamanan pangan di wilayah tersebut. Dengan melibatkan masyarakat lokal dalam upaya pengendalian hama tikus, diharapkan dapat tercipta sinergi dan kolaborasi antara petani, kelompok tani, dan pemerintah dalam menjaga keseimbangan ekosistem pertanian.

   Adanya Penggunaan teknologi sederhana seperti alat pembasmi tikus berbahan dasar belerang dan gas LPG menunjukkan bahwa solusi untuk masalah pertanian utamanya hama tikus tidak selalu harus menggunakan racun tikus, namun tidak dapat di pungkiri bahwa penggunaan racun tikus lebih praktis.

 Diharapkan, langkah-langkah seperti ini dapat menjadi contoh bagi daerah lain dan dalam mengatasi masalah hama tikus, sekaligus menjadi pendorong peran serta aktif masyarakat dalam upaya pencegahan dan pengendalian hama tikus. 

  Dengan adanya kegiatan PKT Gerdal Hama Tikus ini diharapkan mampu meningkatkan kesadaran untuk menjaga lahan pertanian sekaligus sebagai kolaborasi dalam menekan perkembangbiakan tikus sehingga hama tikus dapat terkendali. 

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image  
 

 Aparatur Desa

Back Next