SELAMAT DATANG DI WEBSITE DESA KARANGMALANG KECAMATAN KASREMAN KABUPATEN NGAWI PROVINSI JAWA TIMUR

Artikel

Bertani Itu Usaha Bukan Hobbi

08 September 2022 07:53:52  Administrator  222 Kali Dibaca  Berita Desa

Karangmalang-ngawi.desa.id - Bertani adalah suatu usaha bukanlah hanya sekedar hobbi, jadi bertani harus menguntungkan. Hal tersebut yang menjadi pemikiran dari Pemerintah Desa Karangmalang Kecamatan Kasreman Kabupaten Ngawi untuk mengadakan Pelatihan Pertanian Ramah Lingkungan dan Berkelanjutan, Senin (5/9).

 

Selain itu mendasar pada gerakan Ngawi Organik  yang dicanangkan oleh Bupati Ngawi Mas Ony. Pemerintah Desa Karangmalang bersama petani merasa terpanggil untuk ikut serta dalam gerakan tersebut mengingat sebagian besar mata pencaharian penduduk adalah bertani.

 

Kegiatan yang dilaksanakan di rumah Kasbi (58) Ketua Gapoktan Rejeki Agung yang berlokasi di Dusun Karangmalang III ini, diikuti oleh kurang lebih 40 peserta dari 5 Kelompok Tani yang ada di Desa Karangmalang.

 

Pelatihan yang berlangsung selama empat hari tersebut dihadiri juga oleh BPPP Kecamatan Kasreman, Babinsa dan Babinkamtibmas Desa Karangmalang yang ikut memberikan arahan kepada para petani agar bertani aman, nyaman dan menghasilkan.

 

Narasumber kali ini adalah dari P4S "Organikmat Ngompro" dengan 4 materi utama yang diperkenalkan  yaitu :

1. Perkenalan Pertanian Ramah Lingkungan dan Berkelanjutan

2. Teori dan Praktek Sifat Fisik Tanah

3. Teori dan Praktek Biologi Tanah

4. Teori dan Praktek Kimia Tanah dan Budidaya Organik yang dilanjutkan dengan Diskusi OPT

 

Pelatihan ini diharapkan bisa menjadi jawaban dari harapan para petani di Desa Karangmalang khususnya dan petani Indonesia pada umumnya. Dikarenakan banyaknya kendala yang terjadi akhir-akhir ini membuat kesejahteraan petani menurun sedangkan sebaliknya kebutuhan pangan semakin meningkat.  

 

Save Petani Indonesia 

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image  
 

 Aparatur Desa

Back Next